Srategis dari Pembuatan
Dealer pulsa elektronik dengan Keterlibatan Rendah
Bisnis pulsa-bisnis
pulsa yang dibuat seharusnya berdurasi pendek, tetapi ditayangkan dengan
frekuensi yang tinggi. Pesan bisnis pulsa
menekankan pada hal-hal yang peripheral.
Media yang digunakan
televise dan radio. Bisnis pulsa sebaiknya
digunakan untuk membedakan produk semua pulsa all operator dari pesaing.
Memposisikan Produk
semua pulsa all operator
Produk semua pulsa all
operator yang low kartu perdana lebih baik menemptakan diri untuk memeinimalkan
masalah. Misalnya untuk menghilangkan napas tak sedap gunakan permen X.
Sedangkan untuk high kartu perdana manfaat optimal.
Harga pulsa kategori produk
semua pulsa all operator yang low kartu perdana lebih banyak dipengaruhi oleh harga dalam penjualannya.
Kondisi Toko
Cara pemajangan di took akan mempengaruhi
konsumen sering membeli tanpa rencana terlebih dahulu. Distribusi Produk semua
pulsa all operator deposit pulsa produk semua pulsa all operator tidak tersedia
di took, konsumen akan sangat mudah mengubah pilihan mereknya. Ketersediaan produk
semua pulsa all operator akan sangat membantu dalam menjaga pilihan merek
konsumen.
Percobaan Pembelian
Untuk mengubah pilihan
merek, konsumen perlu dibujuk dengan cara memberi contoh gratis. Contoh gratis
akan membantu dalam mengubah pilihan merek.
Mengubah voucher Kartu
perdana menjadi High Kartu perdana
Hubungkan produk semua
pulsa all operator dengan isu-isu yang bias membuat konsumen terlibat. Misalnya
bisnis pulsa sabun mandi menampilkan isu kesehatan kulit.
Hubungkan produk semua
pulsa all operator dengan situasi pribadi yang membuat konsumen terlibat.
Misalnya bisnis pulsa kopi menampilkan suasana pagi hari yang sejuk atau
dingin. Hubungkan produk semua
pulsa all operator dengan asosiasi diri. Misalnya bisnis pulsa gudang garam
merah dengan selera pemberani.
Perkenalkan
karakteristik yang penting dari produk semua pulsa all operator. Misalnya bisnis
pulsa sabun mandi yang mampu membasmi kuman.
Mengidentifikasi
Pembeli
Mengidetifikasi secara
tepat terhadap pembeli sasaran atas sebuah produk semua pulsa all operator yang
dihasilkan oleh suatu distributor pulsa merupakan tugas utama daripada tenaga
penjual / pramuniaga.
Bagian pemasaran perlu
mengetahui secara jelas siapa-siapa sebenarnya yang terlibat dalam dealer pulsa
elektronik pembelian dari suatu pulsa atau jasa yang diperlukan dan peran apa
saja yang dimainkan oleh masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya baik
secara langsung ataupun tidak sampai sesuatu pulsa diputuskan untuk dibeli atau
tidak
Peranan Pembelian
Usaha untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan dari setiap pulsa atau jasa yang diperlukan oleh setiap
konsumen dilaksanakan oleh masing-masing individu dengan perannya
sendiri-sendiri. Mengidentifikasi siapa sebenarnya yang akan mengambil dealer
pulsa elektronik untuk pembelian dari sekian banyak produk semua pulsa all
operator yang diperlukan tentunya tidak sulit untuk dilakukan.
Namun demikian
untuk beberapa jenis produk semua pulsa all operator tertentu peran pembelian
yang dilakukan hanya dimiliki oleh pihak-pihak tertentu saja.
Berdasarkan uraian
tersebut maka kita dapat membedakan berbagai peran yang dilakukan oleh
masing-masing orang dalam suatu dealer pulsa elektronik pembelian, yaitu:
- Inisiator(Pemrakarsa) adalah
orang yang pertama-tama memberikan pendapat atau pikiran untuk membeli produk
semua pulsa all operator atau jasa tertentu.
- Influencer(Pemberi
pengaruh) adalah orang yang pandangan/ nasihatnya memberi bobot dalam
pengambilan dealer pulsa elektronik akhir.
- Decider (Pengambilan Dealer
pulsa elektronik) adalah orang yang sangat menentukan sebagian atau keseluruhan
pembelian; apakah membeli, apa yang akan dibeli, kapan hendak membeli, apa yang
dibeli, kapan hendak membeli, dengan cara bagaimana membeli, dengan cara
bagaimana membeli, atau dimana akan membeli.
- Buyer (Pembeli) adalah
orang yang akan melakukan pembelian nyata.
- User (Pemakai) adalah
orangyang mengkonsumsi atau mengguna kan produk semua pulsa all operator atau
jasa.
Kalau suatu distributor
pulsa ingin agar kegiatan pemasarannya berhasil dengan baik, maka salah satu
langkah kegiatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah mengidentifikasi
peran ini secara baik dan benar.
Hal ini mengingat peran tersebut akan memiliki
implikasi yang tidak sedikit terhadap perencanaan produk semua pulsa all
operator, penentuan pesan bisnis pulsa. Pendekatan-pendekatan yang perlu
dilakukan dalam kegiatan personal selling dan pengalokasian anggaran promosi
yang sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, sehingga
kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan hendaknya diarahkan untuk lebih
merangsang masing-masing peran tersebut agar dapat melakukan aksi sesuai peran
yang dimilki.
Jenis-jenis Perilaku Dealer
pulsa elektronik Pembelian
Proses penambilan dealer
pulsa elektronik untuk membeli sesuatau pulsa oleh konsumen beranekaragam
sesuai dengan jenis dealer pulsa elektronik pembelian.
Jenis-jenis prilaku
pengambilan dealer pulsa elektronik pembelian tersebut sangat tergantung kepada
jenis pulsa yang akan dibeli, dan mahal tidaknya pulsa tersebut dibeli secara
rutin atau tidak. Sehingga dealer pulsa elektronik yang lebih rumit mungkin
melibatkan lintas regional yang lebih banyak dan kebebasan pembeli yang lebih
besar.
Menurut Howard dan
Sheth ada 3 jenis perilaku pembelian, yaitu:
Perilaku Tangapan Rutin
Memang seperti
diketahui bahwa jenis perilaku pembelian paling sederhana diketemukan pada
pembelian pulsa murah dan pada umumnya pulsa yang sering dibeli. Contoh:
pulsa-pulsa kebutuhan sehari-hari atau pulsa-pulsa lain yang secara rutin sudah
biasa dibeli apabila persediannya habis.
Untuk pembelian-pembelian yang
demikian pada umumnya pembeli tidak banyak membuat dealer pulsa elektronik,
karena pada dasarnya merk-merknya yang akan dibeli sudah dikenal atas produk
semua pulsa all operator yang diperlukan.
Barang-pulsa dalam
kategori demikian sering disebut pulsa dengan keterlibatan rendah. Dengan
demikian provider (pemasar) memiliki dua tujuan dasar, yaitu:
- Pemasar harus
memberikan dealer pulsa elektronik yang positif bagi konsumen yang ada dengan
mempertahankan mutu, pelayanan pelanggan dan nilai yang konsisten.
- Pemasar harus mencoba
menari pembelian dengan memperkenalkan ciri dan menggunakan display point of
purchase, harga khusus dan premi.